Sunday, March 7, 2010

Gudeg Jogja

sumber : file milis dapurbunda

 

(christine)

Bahan:
1/2 butir kelapa
3 lembar daun jati
1/2 ekor ayam potong sedang
telur
nangka muda

Bumbu:
3 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
6 butir kemiri
2 potong laos
1/4 sdt terasi
3 lembar daun salam
1 sdm garam
2 sdm gula merah
(vitsin bila suka)

Cara membuat:

Rebuslah telur & parutlah kelapa utk dijadikan santan

Nangka muda dipotong2 agak kasar stl dicuci lebih dahulu. Kemudian rebuslah
dgn daun jati, spy timbul warna merah, shg lunak, tiriskan lalu memarkan.

Haluskan bumbu kecuali daun salam & laos. Masukkan ke dlm panci bersama
santan, potongan ayam & nangka muda yg telah memar.

Tambahkan daun salam & laos, rebus terus hingga santannya habis.

Terakhir masukkan telur rebus yg telah dikupas tambahkan santan kental &
rebuslah hingga santan habis.

NB:
klu aku saat ngrebus nangka muda + daun jati, kutambah daun jambu biji,
telurnya aku masukkin sekalian...(stl telur dicuci bersih tentunya)....stl
itu nangka aku angkat telurnya aku kupas aku rebus lagi masih pake daun jati
+ daun jambu biji kutambahin garam...jadi kayak pindang telor....
biar ayamnya empuk api kecil ngrebusnya yg lama agar kaldu berasa...
biasanya aku gula merahnya banyakan...bayanganku org yogya suka yg
manis2...*cmiiw Lusie...:)*
ntar disajikannya telor dibelah dua....ditaburin bawang goreng juga....

No comments:

Post a Comment

Search

Search on Web