Inbox Resep

Berisi kumpulan resep-resep
Resep-resep ini dikumpulkan dari berbagai milis yang aku ikuti, resep-resepnya disharing oleh member milis yang sudah mencoba resepnya. tapi mungkin beberapa resep belum dicoba

Search

Search on Web

Pudak Jagung

Tuesday, March 30, 2010

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
500 gr jagung muda yang udah diparut
250 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
100 – 150 ml santan kental (sesuaikan takaran dengan kondisi jagung)
50 gr maizena (kadang2 ibu pake tepung beras, fungsinya bikin adonan jadi kompak dan set, gak terlalu lembek)
½ - 1 sdt vanilla essence (gak usah banyak2 biar gak ngalahin aroma jagungnya, tapi kalo suka bole ditambah)
75 gr gula pasir ato sesue slera (sesuaikan dengan kadar kemanisan jagung)
½ sdt garam ato secukupnya
Kulit jagung segar untuk membungkus

Cara:
Aduk semua bahan jadi satu.
Ambil selembar kulit jagung, letakkan 1-2 sdm adonan di salah satu sisinya, atur memanjang lalu gulung dengan hati2. Semat kedua ujungnya pake tusuk gigi ato lidi (kayak ngebungkus lemet gituh...)
Kerjakan sampe adonan habis, kukus dengan uap panas selama 20-30 menit ato sampe matang.
Sajikan gituh ajah, ato kalo suka kelapa yang royal bisa disajikan dengan taburan kelapa parut lagih.

Note:
Kalo gak ada kulit jagung, boleh pake loyang biasa ajah. Cuman aromanya kurang wangi ajah.
Takaran kelapa parut bisa diatur sendiri, kalo Ibu suka pake perbandingan 1:3 dengan jagungnya (150 gr kelapa per 500gr jagung parut).


posted by Lia

0 comments:

Post a Comment