Inbox Resep

Berisi kumpulan resep-resep
Resep-resep ini dikumpulkan dari berbagai milis yang aku ikuti, resep-resepnya disharing oleh member milis yang sudah mencoba resepnya. tapi mungkin beberapa resep belum dicoba

Search

Search on Web

Mie Jawa

Monday, March 22, 2010

sumber : file milis dapurbunda 
 
MIE JAWA ALA MERTUANYA SHINTA

Mie kering.....
Ayam
Bawang putih+bawang merah
Minyak untuk menumis
Ebi yang dihaluskan
Kol dicincang kasar
Cabe merah dipotong serong (tambah cengek klu suka
bolee)
Daun bawang dicincang halus
Seledri juga cincang halus (gak usah banyak banyak)
Tomat di potong2
magie blosk /kaldu ayam kalo perlu
Garam merica seperlunya
bawang goreng seperlunya....
telur ayam 2 biji...kocok

Coba dehya pelan2 aku terangin

pertama
Ayam dada atau paha yang masih ada tulangnya direbus
dengan air. Klu udah empuk dan udah keluar kaldunya
agkat ayam dan sisihkan kaldunya.
nah karena masku gak doyan ayam putih begitu, maka
ayamnya aku suwir2 dan aku tumis lagi pake sedikit
bawang merah dan bawang putih sampe kecoklatan..angkat
sisihkan.

lalu bawang merah, bawang putih disisik halus abis itu
ditumiskan.
setelah harum, masukan kaldu ayam yang tadi, terus
masukan juga kol yang udah dipotong2. tunggu sampe kol
rada lemes. lalu masukan bawang daun yang udah
dicincang, seledri (ini gka pake jg gak gitu pengaruh
banyak sih) cabe merah yang udah dipotong serong,
potongan tomat dan Ebi yang udah dihaluskan.
Abis itu masuk Mie yang sebelumnya udah direndem dulu.
kemudian masukan ayam yang tadi udah disuwir dan
ditumis tea.... kasih garam dan merica... tambah air
bila perlu masak sampe matang.. abis itu masukan
kocokan telur dan aduk2 rata bersaa bahan lain sampe
matang....hati2 kadang kalo kematengan mienya jadi
ngembang gak keruan.
lalu kalduny aharus lekoh... kalo mungkinkamu ngerebus
ayam misalnya paha dua biji klu buat dua orang plus
tulang2 lainnya. Disini suka dijual tulang2 ayam beku,
bagian dada bekas dibuat ayam filet dada. nah pake itu
deh tambahin biar lekoh surekoh. Ato tambahin kaldu
ayam kayak magie block itu.

Oh ya bawang putih dan bawang merahnya yang banyakan
karena itu juga menentukan kelekohan rasanya....

Abis itu taburin sama bawang goreng... sodaaaappppp

0 comments:

Post a Comment