Inbox Resep

Berisi kumpulan resep-resep
Resep-resep ini dikumpulkan dari berbagai milis yang aku ikuti, resep-resepnya disharing oleh member milis yang sudah mencoba resepnya. tapi mungkin beberapa resep belum dicoba

Search

Search on Web

Homemade-Sardine-in-Tomato-Sauce

Friday, March 26, 2010

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
500 gr ikan segar jenis sarden/salem/tongkol/mackerel, bersihkan & potong2 sesue slera (kalo kecil biarin utuh ye..)
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
6 butir bawang merah, jadiin bawang goreng
4 siung bawang putih, jadiin bawang putih goreng
5 sdm saus tomat (kalo kurang suka terlalu asem bole dikurangin, ato justru ditambah...? suka2 lah)

Cabe rawit utuh secukupnya (optional kok, buat ranjau ajah).
2 sdm margarin
Saus:
3 buah tomat masak, iris kasar
3 buah cabe merah, buang bijinya & iris kasar
3 siung bawang putih, geprak
3 sdm minyak goreng
1 sdt garam /sesue slera
1 sdm gula pasir /sesue slera
150 ml air matang
Cara:
Buang kepala & isi perut ikan, bersihkan badannya & cuci sampe bersih.
Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan.
Aduk ikan bersama bawang merah+putih goreng, masukin dalam panci presto, taburi cabe rawit utuh & sisihkan.
Saus:
Panasin minyak & tumis bawang putih sampe wangi.
Masukin cabe & tomat, aduk & tumis sampe setengah matang.
Tuangi air, tambahkan garam & gula. Tutup rapat & masak dengan api kecil 3 menit, angkat & dinginkan. Tambahkan saus tomat, aduk rata lalu blender sampe halus.
Penyelesaian:
Tuang saus kedalam panci berisi ikan, tambahkan margarin. Tutup & proses selama 10 menit terhitung dari waktu berdesis (ato 30-40 menit kalo pengen tulangnya sampe empuk, tergantung gedenya ikan).
Matikan api, diamkan 2-3 menit ato sampe pressure-nya habis, buka & sajikan dengan nasi putih hangat. Nyaaam....


- MOM'S VERSION (tanpa presto) -
Yang ini nih resep aslinya Ibu. Bahan dan komposisi sausnya sama, cuman caranya rada beda dikit & ofkors tulangnya gabisa empuk. Simak yah!
Cara:
Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan. Goreng setengah matang, sisihkan.
Saus:
- Sama persis dengan resep diatas -
Penyelesaian:
Tuang blenderan saus ke dalam panci (jangan wajan ya), masukin ikan goreng & tambah air lagi sebanyak 100 ml. Masak dengan api kecil sampe kuah menyusut & mengental. Masukin margarin & aduk sampe leleh, angkat.
Taburi bawang merah+putih goreng, sajikan segera.

**Tips:
Kalo gaada ikan yang segar, pake ikan pindang juga gpp. Pilih yang masih baru (mengkilap & juicy), buang kepala & isi perutnya biar ga amis & kotor.


posted by Lia

0 comments:

Post a Comment