Monday, May 10, 2010

Kue Tulban

sumber : file milis dapurbunda

TULBAND (KUE TULBAN)

Bahan A:
10 gr ragi instan
125 cc susu hangat suam2 kuku
60 gr tepung terigu
1 sdt gula pasir

Bahan B :
300 gr tepung terigu
150 gr gula pasir
1/4 sdt garam
200 gr margarine
4 butir telur
50 gr campuran kismis, sukade dan cherry yg sudah dipotong2
50 gr kenari, dibelah2
gula halus (tepung gula) secukupnya untuk taburan

Cara Membuat :
1. Campur bahan A, aduk sampai rata dan jemur di panas matahari selama 15-30 menit sampai adonan mengembang 2x besar semula.
2. Untuk bahan B : Aduk dan remas2 tepung terigu, gula, garam dan mrgarine sampai terjadi butir2 tepung yang kasar. Setelah itu masukkan telur satu persatu sambil diuleni terus.
3. Campurkan bahan A ke dalam adonan B dan uleni selama kurang lebih 10 menit atau sampai adonan licin dan lepas dari tangan. Setelah itu masukkan campuran kismis, sukade dan ceri, aduk supaya rata. Tutuplah adonan dengan lap basah, diamkan selama 1 jam sampai adonan mengembang 2 x besar semula. Sebelum adonan dimasukkan ke dalam loyang, pukul-pukullah dengan jari supaya mengempis kembali.
4. Olesi loyang dengan margarine yang agak tebal. Taburi dengan sedikit tepung dan gula halus, kemudian susunlah kenari dalam loyang dan tuang adonan ke dalamnya.
Diamkan lagi adonan dalam loyang selama 45-60 menit agar mengembang, kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sampai 180 derajat selama kurang lebih 45 menit.
Setelah matang, keluarkan dari oven, diamkan selama kira2 menit, kemudian keluarkan kue dari loyang.
Taburi atasnya dengan gula halus (tepung gula).

No comments:

Post a Comment

Search

Search on Web