Inbox Resep

Berisi kumpulan resep-resep
Resep-resep ini dikumpulkan dari berbagai milis yang aku ikuti, resep-resepnya disharing oleh member milis yang sudah mencoba resepnya. tapi mungkin beberapa resep belum dicoba

Search

Search on Web

Sate Padang

Friday, April 16, 2010

Sate Padang

500 gr campuran lidah, paru & limpa sapi >>> karena pengen idup sehat, gue cuma pake daging sapi ajah
2 liter air

750 ml extra air
Rempah daun:

2 batang serai, geprak
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit, sobek2 & simpulkan (kalo gaada juga gak maksa kok :D)

50 gram tepung beras, cairkan dengan air secukupnya
Pelengkap:

Ketupat

Bawang goreng

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah cabe merah (enaknya cabe keriting, kalo pake jenis keriting perlu 5-6 biji lah )
Cabe rawit secukupnya (optional, kalo dah pake cabe keriting gak usah rawit lagi)
3 cm lengkuas muda
3 cm kunyit
3 cm jahe
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt merica butiran sangrai (kalo gak doyan pedes yang nyengat bisa dikurangi)

½ sdt jintan sangrai
2 sdt garam /secuukpnya

Cara membuat:
- Didihkan 1 liter air, masukin jerohan (lidah, paru & limpa sapi). Biarkan mendidih kembali selama 15 menit, tiriskan dan buang airnya.
- Ulangi cara diatas sekali lagi. Sisihkan jerohan, jangan lupa kerok kulit lidah.
- Didihkan extra air, masukin jerohan bersama bumbu halus dan rempah daun. Masak dengan api kecil dan tutup panci dibuka dikit.
- Masak sampe bumbu meresap dan jerohan menjadi empuk (kalo belum empuk tapi airnya udah menyusut tambahkan air panas secukupnya, lanjutkan merebus).
- Tiriskan jerohan dan keluarkan semua rempah daun. Potong jerohan kotak2 kecil, susun di tusuk sate, bakar diatas arang (gak perlu lama2 soale udah mateng, cukup sampe aroma satenya muncul).

Saus:
Sisakan kuah perebus sekitar 450 ml ato secukupnya, rebus kembali sambil dikentalkan dengan larutan tepung beras. Masak sampe kental meletup2, angkat.

Penyajian:
Siapin piring, alasi dengan daun pisang (lebih enak lagi kalo pake pincuk daun pisang). Letakkan bebrapa tusuk sate yang baru dipanggang, siram dengan saus panas & taburi bawang goreng.
Sajikan dengan potongan ketupat di piring terpisah.

posted by Lia

0 comments:

Post a Comment