Inbox Resep

Berisi kumpulan resep-resep
Resep-resep ini dikumpulkan dari berbagai milis yang aku ikuti, resep-resepnya disharing oleh member milis yang sudah mencoba resepnya. tapi mungkin beberapa resep belum dicoba

Search

Search on Web

Chewy Candy Bar

Tuesday, April 27, 2010

Chewy Candy Bar

sumber : file milis dapurbunda

Bahan:
6 sdm gula pasir
175 ml evaporated milk
10 gr salted butter
½ sdt vanilla essence
2 sdm penuh peanut butter / selai kacang (lebih enak kalo yang jenis chunky kayak punya Skippy biar brasa kacangnya)
200 gr dark or milk cooking chocolate, lelehkan

Campur dan aduk rata jadi satu:
4 sdm kelapa kering siap pake, sangrai bentar biar aromanya makin wangi
50 gr ceri kering cincang kasar
50 gr kenari sangrai cincang kasar
50 gr mente sangrai cincang kasar
50 gr kismis

Alat:
Wajan datar lapis teflon dan sodet kayu
Plastik lebar dan tebal
Plastik kantung gula ukuran sekilo
Rolling pin dan piso tajam
Mangkuk, garpu, nampan dan kertas roti untuk proses coating

Cara:
Taburkan gula pasir ke wajan teflon, goyang2kan agar permukaannya rata. Panasin dengan api kecil hingga pinggirannya mulei mencair.
Masukkan butter dan evaporated milk, aduk pelan dengan sodet kayu hingga gula larut seluruhnya, tetap dengan api kecil.
Besarkan api sedikit, tambahkan peanut butter, aduk rata hingga larut dan biarkan mendidih.
Saat adonan mulei mengental, kecilkan api kembali dan aduk terus hingga konsistensinya thick /pekat.>> Ngetesnya, kalo dijatuhin dari sodet kayu adonan brasa berat kayak tumisan bumbu (lah, jangan binun yakkk...). Cara ngetes lainnya, siapin segelas air es yang dinginnn... teteskan adonan ke dalam air es, kalo langsung membeku (tapi tetep bisa dipencet loh) maka udah cukup. Istilahnya membentuk soft ball.
Segera setelah adonan mulei pekat, matikan api dan masukin campuran kacang.
Aduk rata dengan sodet kayu, aduk selama 1 menit sekalian untuk ngurangi suhunya. Masukin ke dalam plastik kantung gula, lipat ¼ bagian dari ujung plastik sehingga adonan menguasai ¾ bagian. Dengan kondisi adonan di dalam kantung plastik, pipihkan dengan rolling pin ke seluru penjuru hingga mencapai bentuk kotak sesuai kantung dengan ketebalan yang rata. >> kalo pengen lebih tebel, lipat ujung plastinya lebih banyak.
Gunting kedua pinggiran plastik dan buka, biarkan adonan menjadi dingin. Kalo perlu disimpen di kulkas biar gampang dipotong.
Setelah dingin, potong2 dengan piso yang tajam, ukuran sesue slera.
Celup tiap potongan ke coklat leleh, angkat pake garpu dan letakkan di nampan beralas kertas roti. Diamkan hingga coklat menjadi beku (masukin chiller bisa sangat membantu, terutama untuk Surabaya nan panas).
Kletek dari kertas roti, simpan di toples. Jangan lupa kalo nyusun berlapis diberi selembar plastik ato kertas roti diantara tiap lapisan agar ngga saling bergesek & bikin penampilannya jadi kusam.

Note:
Sengaja pake sodet, bukan sendok biar ngaduknya gampang dan bisa menyapu2 dasar & pinggiran wajan saat mengaduk dengan campuran isi.
Isian bisa divariasi sesue slera. Kalo gak suka kelapa bisa diskip. Isian bisa pake kurma, dried apricot, pecan, pistachio dll. Tapi gue gak suka mixed fruit siap pake, mixed fruit yang di TBK kita seringkali aromanya aneh dan gak matching dengan milk & karamel.
Bisa dibentuk bars atopun dibikin bentuk permen (seukuran permen fox rada panjang dikiit), kalo bentuk permen maka ngegilingnya rada tebel biar bisa gendut2.

posted by Lia

0 comments:

Post a Comment